Sering Nonton Konser Bikin Pendengaran Berkurang

Menonton konser musik secara live memang sangat mengasyikkan bagi sebagian orang. Tapi tahukah Anda bahwa paparan musik yang terlalu keras saat konser dapat mengakibatkan gangguan pendengaran?


Sebuah studi yang dilakukan di House Research Institute mengungkapkan, 72 persen remaja dilaporkan berkurang pendengarannya setelah menonton konser musik selama 3 jam. Gangguan pendengaran ini biasanya berangsur menghilang dalam waktu 48 jam.

“Para remaja perlu menyadari bahwa dentuman suara musik yang terlalu keras dapat mengakibatkan gangguan pendengaran. Dengan tingkat kebisingan lebih dari 85 decibel, sel-sel rambut kecil dapat berhenti berfungsi dan bahkan dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen,” ungkap pimpinan studi Dr. M. Jennifer Dereber, dokter The House Clinic.

Sebanyak 29 remaja diuji dalam sebuah konser musik yang digelar di Amerika beberapa waktu lalu. Peneliti mengukur decibel level (tekanan suara) yang dihasilkan dalam konser tersebut. Hasilnya, rata-rata tekanan suara yang dihasilkan dalam sebuah konser musik mencapai 100dBA. Hal ini melampui standar kesehatan yang ditetapkan oleh U.S. Occupational Safety and Health Administration, yakni 85dBA.

Setelah konser, para peneliti melakukan pemeriksaan untuk memeriksa fungsi sel-sel di telinga bagian dalam para remaja ini. Hasilnya, 53,6 persen remaja mengatakan mereka tidak dapat mendengar dan 25 persen lainnya mengalami tinnitus, yakni suara mendengung di telinga.

Meskipun sel-sel ini biasanya sembuh, para peneliti mengingatkan bahwa paparan berulang terhadap suara keras dapat merusak pendengaran secara permanen, seperti dikutip Newshealth, 27 Mei 2012.

BACA JUGA : 3 Tips Dapatkan Perut Sixpack di Usia Remaja

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes