Sering Sakit-Sakitan? Mungkin Hanya Somatisasi

Sudah keliling ke beberapa dokter namun tidak kunjung menemukan penyakit yang Anda alami? Hati-hati bisa jadi Anda mengalami somatisasi.

Sering-Sakit-Sakitan-Mungkin-Hanya-Somatisasi

Somatisasi merupakan gangguan psikis yang mengakibatkan si penderita seolah-olah merasakan berbagai macam keluhan, mulai sakit kepala, dada, perut dan di bagian tubuh lainnya.

“Spesialis kejiwaan biasanya mendapat rujukan dari spesialis lainnya. moncler armoise albizia 2 Hampir seluruh pasien somatisasi melewati fase shopping doctor, yaitu berpindah dari satu dokter ke dokter lain namun tidak menemukan kelainan pada tubuh mereka,” ungkap dr Yunias Setiawati SpK, spesialis kejiwaan RSUD dr Soetomo, seperti dilansir metropolis.

Yunias menambahkan, dalam satu hari ia bisa dikunjungi 3-5 pasien somatisasi dengan berbagai rasa sakit yang berbeda. monster beats apple accessories Ada beberapa pasien yang mengeluhkan rasa sakit menjalar ke dada, sakit kepala, hingga sulit tidur.

“Mereka bergonta-ganti dokter untuk mendapatkan pengakuan bahwa mereka benar-benar sakit secara fisik. Namun jawaban dokter yang tidak memuaskan kerap membuat pasien depresi,” tambah Yunias.

Penderita somatisasi kebanyakan diderita oleh wanita paruh baya. nfl jerseys all teams alibaba Penyebab yang paling dominan adalah emptiness syndrome, pasien merasa sendiri setelah ditinggal anak-anaknya yang sudah berkeluarga.

Kondisi ini dapat memicu stres dan berakhir dengan somatisasi. (dan)

BACA JUGA : Kanker Mulut Mengancam Jika Bangun Tidur Langsung Merokok

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes