orang kurus bebas lemak

Siapa Bilang Orang Kurus Bebas Lemak?

“Berbadan kurus bukan berarti tidak berlemak,” pernyataan mengejutkan ini disampaikan oleh Dr. Jimmy Bell, seorang profesor bidang penggambaran molekuler di Imperial College, London.

orang kurus bebas lemak

Pernyataan Dr. Bell ini disampaikan setelah ia dan rekannya melakukan scan menggunakan MRI terhadap lebih dari 100 orang untuk menemukan “pemetaan lemak” pada masing-masing individu.

Berdasarkan data yang didapatkan setelah penelitian, orang-orang yang langsing (baca:kurus) masih memiliki timbunan lemak di beberapa bagian tubuhnya. Dikhawatirkan tanpa ada arahan yang jelas dari ahli medis, orang-orang berbadan kurus akan merasa bahawa mereka sehat-sehat saja karena merasa tidak memilik lemak.

Dari hasil scan MRI tersebut didapati pula bahwa orang yang mempunyai skor BMI (Body Mass Index) normalpun bisa menunjukkan kadar lemak yang cukup mengejutkan dalam tubuhnya. Sebanyak 45 persen wanita dengan skor BMI normal diketahui memilik kelebihan lemak di dalam tubuhnya. Sementara untuk pria angka tersebut mencapai lebih dari 55 persen.

Para ilmuwan meyakini bahwa secara alami tubuh akan cenderung menumpuk lemak di perut. Dan pada kondisi tertentu, tubuh akan menyimpannya di mana saja bahkan sampai menutupi organ internal tubuh.

Para dokter berpendapat jika lemak menutupi organ tubuh maka secara langsung akan mengganggu kerja organ tubuh tersebut, sehingga dalam jangka panjang bisa berakibat fatal.

Lemak yang menutupi organ internal tubuh dapat mengirimkan sinyal kimiawi yang salah, terutama jika menutupi organ penting seperti liver dan pankreas. Kondisi ini dapat memicu gangguan fungsi insulin dan mengakibatkan penyakit diabetes hingga jantung.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Louis Teicholz, kepala bidang kardiologi Hackensack Hospital, New Jersey. Ia mengatakan bahwa seseorang yang bertubuh kurus tidak menjamin mereka terbebas dari penyakit jantung dan diabetes.

Untungnya aktivitas fisik seperti berolahraga dan diet sehat secara efektif dapat mengurangi timbunan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, terutama pada organ internal tubuh. “Jika Anda ingin terlihat langsing sekaligus sehat, maka olahraga dan diet sehat harus menjadi bagian dari hidup Anda,” tutup Dr. Bell seperti dikutip Dailynews.com. (dan)

BACA JUGA : 5 Kebiasaan Buruk Saat Makan yang Bikin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes