obesitas anak

Singkatnya Masa Menyusui Sebabkan Obesitas Pada Anak?

Dengan perubahan drastis gaya hidup dan pola makan, obesitas pada anak-anak telah menjadi masalah medis yang serius dan perlu ditangani dengan cepat dan efektif. Namun, seharusnya yang bertanggung jawab penuh terhadap obesitas pada anak adalah orang tua. Kasus obesitas pada anak-anak terus saja meningkat. Hal ini sangat mengkhawatirkan, mengingat obesitas selalu menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Headline

Menurut pemimpin peneliti Sian Robinson dari Universitas Southampton di Inggris, rentannya obesitas pada anak ini disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat pada ibu ketika masa kehamilan. Inilah yang akhirnya membuat tumbuh kembang anak-anak menjadi gemuk dan tidak sehat. Berdasarkan penelitian mengungkapkan, pencegahan obesitas pada anak harus disiapkan dengan persiapan yang matang. Bahkan, sebelum terjadi pembuahan di rahim, si ibu seharusnya tak boleh seenaknya menerapkan pola hidup yang tidak sehat.

Dalam studi ini, peneliti menemukan empat faktor yang menyebabkan anak-anak rentan mengalami obesitas. Pertama, faktor tersebut dipengaruhi oleh cepatnya menghentikan masa menyusui anak. Kedua, adalah faktor ibu yang kegemukan atau mempunyai berat tubuh yang jauh dari kata proporsional ketika masa kehamilan. Ketiga, gaya hidup yang tak sehat pada ibu dengan gemar merokok atau minum-minuman beralkohol. Terakhir, yakni rendahnya kadar vitamin D pada ibu saat hamil. Jika salah satu faktor di atas memang menjadi pemicu, maka pada umur empat tahun, anak akan menjadi gemuk dan memiliki masa lemak yang lebih tinggi, yakni sebesar 19 persen.

Menginjak usia enam tahun, risiko obesitas malah bertambah parah dengan memiliki berat badan di atas anak-anak seusianya. Bukan hanya itu, masa lemak tubuh pun juga 47 persen lebih tinggi. Penelitian ini tak melihat dari aktivitas fisik anak, melainkan didapatkan dari data sejumlah responden penelitian. Sebelumnya, 991 wanita telah diteliti gaya hidupnya, bahkan sebelum masa kehamilan (menurut survei Southampton). Hasilnya, banyak anak mereka yang mengalami obesitas dipengaruhi oleh singkatnya masa menyusui ASI eksklusif terhadap anaknya. Studi ini muncul dalam The American Journal of Clinical Nutrition.(gie)

(Sumber: Thehealthsite.com)

BACA JUGA: CERDIK, Upaya untuk Mencegah Kanker

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes