penyakit sleep apnea, sleep apnea ganggu olahraga, gangguan tidur, cara obati sleep apnea

Sleep Apnea Juga Mengganggu Aktivitas Olahraga

Sleep Apnea adalah gangguan tidur dengan kesulitan bernapas berulang kali ketika sedang tidur. Penderita ini ternyata juga dapat terganggu pada saat melakukan olahraga.

penyakit sleep apnea, sleep apnea ganggu olahraga, gangguan tidur, cara obati sleep apnea

Seperti dilansir ScienceDaily.com, studi ini dilakukan oleh peneliti dari University of California. Peneliti mengungkapkan bahwa penderita sleep apnea, memiliki penyerapan oksigen lebih rendah selama olahraga dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami sleep apnea.

Peneliti percaya bahwa sleep apnea menjadi penyebab perubahan struktural dalam otot yang dapat membuat penderitanya kesulitan saat berolahraga.

Riset dilakukan pada pria dan wanita dengan tiga kategori, yakni sleep apnea berat, sleep apnea ringan, dan tidak menderita keduanya. Para peserta selanjutnya diminta untuk mengayuh sepeda stasioner pada level tinggi, menyerupai mendaki bukit yang curam.

Dari hasil penelitian, para peneliti menghitung VO2max (jumlah oksigen maksimum yang dapat diserap selama latihan) setiap peserta. Penderita sleep apnea rata-rata memiliki VO2max lebih rendah 14 persen.

Para peneliti yakin bahwa hasil pengukuran VO2 max seseorang dapat menjadi penanda awal risiko stroke dan serangan jantung. Selain itu, cara ini juga dapat memotivasi para penderita sleep apnea baik yang kurang diagnosa maupun yang tidak pernah diobati. (ctr)

BACA JUGA: 4 Sinyal Tubuh yang Meminta Anda Turunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes