Statin, Cara Terbaik Menurunkan Kadar Kolesterol!

Menurut hasil penelitian review komprehensif terbaru, pengobatan dengan dosis tertentu statin biasanya merupakan cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol.

“Statin adalah obat yang terbukti bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke sebesar 30 persen pada pasien yang membutuhkannya,” ungkap Matt Ito, penulis penelitian dan profesor praktek farmasi di Oregon State University.

“Apa yang kita teliti di sini adalah, apakah menambahkan obat-obatan lain atau terapi dengan penggunaan statin bisa mengurangi risiko, dan dalam kebanyakan kasus, penelitian ini menunjukkan bahwa mereka tidak membantu,” tambah Ito, menurut jurnal Annals of Pharmacotherapy.

“Yang membantu disini adalah dengan meningkatkan dosis statin ke tingkat yang lebih tinggi dalam rentang yang disetujui. Dan tidak muncul perubahan yang signifikan dalam efek samping berdasarkan pada dosis yang disetujui tersebut,” ujar Ito, seperti dikutip Health.India.com.

Review tersebut mempelajari berbagai pilihan pengobatan untuk dislipidemia atau kekhawatiran tentang kolesterol LDL yang terlalu tinggi, HDL kolesterol yang terlalu rendah, peningkatan trigliserida, dan isu-isu lain yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan obat statin, yang efektif menurunkan LDL atau kolesterol “jahat”, cocok untuk pasien berisiko sedang dan tinggi yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol mereka, atau mungkin sudah mengalami serangan jantung atau angina sebagai akibat dari penyakit kardiovaskular.

Tetapi dalam kebanyakan kasus, dengan hanya meningkatkan dosis statin bisa menawarkan perlindungan terbaik terhadap masalah kardiovaskular yang serius, lebih daripada menggunakan obat lain atau kombinasi obat. (jay)

BACA JUGA : Kurangi Berat Badan bisa Tingkatkan Gairah Seksual

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes