Stres di Akhir Pekan Picu Penyusutan Otak

Serajin apa pun Anda bekerja sebaiknya di akhir pekan usahakan untuk benar-benar meluangkan waktu mengistirahatkan pikiran. Memikirkan pekerjaan di akhir pekan atau di hari libur dapat mengakibatkan penyusutan otak.

stres-di-akhir-pekan

Tim peneliti dari Yale University menemukan bahwa ukuran otak orang yang sudah meninggal dengan riwayat stres dan depresi mengalami penurunan dalam jumlah gen yang menjaga fungsi otak.

Berkurangnya fungsi otak antara lain dipicu oleh pelepasan senyawa GATA1, yang bertindak sebagai saklar genetik untuk menghentikan komunikasi antar-saraf di otak.

Komunikasi serta koneksi antar-saraf yang rendah dalam jangka panjang bisa memicu berkurangnya massa otak terutama di bagian prefrontal cortex.

Aktifnya beberapa jenis hormon saat stres juga memperburuk risiko penyusutan otak. Hormon-hormon inilah yang akhirnya merangsang pengeluaran GATA1, sebagai penyebab menurunnya fungsi otak.

“Kurangnya komunikasi (antara-saraf di otak) bisa memicu hilangnya sebagian massa otak di bagian prefrontal cortex,” kata Ronald Duman, PhD, dari Yale University yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip health.com.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa penyusutan otak bisa dicegah dengan mengurangi stres. Misalnya dengan menikmati liburan akhir pekan tanpa memikirkan pekerjaan sedikit pun. (dan)

BACA JUGA : Yang Terjadi di dalam Tubuh Anda Saat Tertawa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes