identifikasi obesitas

Studi: Banyak Orang tak Mampu Identifikasi Obesitas

Hasil studi baru menunjukkan, kebanyakan orang, termasuk profesional kesehatan, sering tidak mampu mengidentifikasi secara visual apakah seseorang tersebut memiliki berat badan yang sehat atau mengalami obesitas.

Obesitas

Penelitian ini dilakukan oleh psikolog di University of Liverpool. Para peneliti meminta kepada peserta untuk melihat foto pria dan diminta mengidentifikasi apakah memiliki berat badan yang sehat atau obesitas sesuai aturan WHO mengenai Body Mass Index (BMI).

Hasilnya, kebanyakan peserta salah dalam mengidentifikasi apakah seseorang itu memiliki berat badan yang sehat atau mengalami obesitas. Menurut peneliti, peserta percaya bahwa pria dengan berat badan yang lebih adalah pria yang berbobot sehat.

Sementara untuk peserta yang dari kalangan profesional, dokter dan pelatih juga tidak mampu secara visual mengidentifikasi apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak.

“Kami ingin mengetahui apakah orang dapat mengidentifikasi orang yang sehat, kelebihan berat badan atau obesitas hanya dengan melihat mereka,” kata peneliti dan juga psikolog, Dr. Eric Robinson seperti dilansir MedicalNewsToday.com.

Robinson menjelaskan bahwa kalangan profesional kesehatan seperti dokter, juga tidak akurat dalam mengidentifikasi apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak hanya dengan melihat foto. Hal ini, lanjut Robinson, dapat menghambat seseorang yang mengalami obesitas untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Selama 30 tahun terakhir kita telah melihat perubahan populasi berat badan, jadi meneliti bagaimana hal ini telah mempengaruhi kita dengan melihat ukuran tubuh sendiri dan orang lain adalah sebuah hal yang menarik untuk diteliti,” tandas Robinson.

Inggris merupakan negara dengan tingkat obesitas tertinggi di Eropa Barat. Dalam 30 tahun terakhir, obesitas di negeri Ratu Elizabeth tersebut mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Diperkirakan, pada tahun 2050 mendatang setengah populasi di Inggris dapat mengalami obesitas.(ctr)

BACA JUGA: 500 Kali Sit Up Tak Jamin Anda Dapatkan Perut Sixpack

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes