diabetes tipe 2

Studi: Diabetes Juga Bisa Pengaruhi Otak

Diabetes tipe 2 dapat menurunkan kualitas hidup si penderita. Terbaru, penyakit tersebut juga dapat menurunkan fungsi kognitif otak.

diabetes tipe 2

Seperti dikutip dari Times of India, Rabu (18/02), hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 2 juga mempengaruhi tes kognitif seperti kemampuan mengontrol emosi, berperilaku, dan berpikir.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine ini, peneliti melakukan analisa dari 60 studi, membandingkan 9.815 penderita diabetes tipe 2 dengan 69.254 peserta yang normal. Peneliti kemudian mengukur kemampuan kognitif peserta.

“Aspek fungsi otak sangat penting karena kita bergantung pada hal itu untuk berperilaku secara alami atau karena lingkungan,” kata penulis utama studi, Corrie Vincent dari University of Waterloo di Canada.

Menurut sumber yang sama, penderita diabetes tipe 2 di dunia telah mencapai angka 600 juta. Pada tahun 2030 mendatang, penderita diabetes tipe diprediksi akan meningkat menjadi 800 juta di seluruh dunia.

Untuk itu, peneliti mengatakan aktivitas seperti belajar hal-hal baru atau bermain puzzle dapat membantu menjaga otak Anda tetap tajam. Selain itu, juga harus diimbangi dengan melakukan olahraga seperti latihan aerobik. (ctr)

BACA JUGA: Bercinta Disarankan Bagi Mereka Yang Kurang Olahraga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes