risiko diet rendah protein

Studi: Diet Rendah Protein Picu Gagal Jantung

Membatasi diri hanya dengan mengonsumsi buah dan sayuran saat diet hanya akan membuat diet Anda berada di ambang kegagalan. Pasalnya buah dan sayuran tidak mampu mencukupi kebutuhan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, yakni protein, karbohidrat dan lemak sehat.

risiko diet rendah protein

Menjalankan diet tanpa asupan protein sama sekali bisa merusak jaringan protein tubuh. Jaringan protein terdapat pada otot, enzim dan neurotransmitter, serta otot-otot organ dalam seperti jantung.

Biasanya pelaku diet sayuran dan buah-buahan adalah kalangan yang enggan bersusah payah melakukan olahraga teratur dan mengatur pola makan seimbang. Padahal kondisi ini justru membahayakan kondisi kesehatan orang yang bersangkutan.

Kekurangan asupan makronutrien dalam tubuh seperti protein dapat mengakibatkan kadar protein darah ikut turun dan tubuh tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membangun otot. Seperti kita ketah ui bahwa otot adalah mesin pembakar lemak terbaik dalam tubuh kita.

Lebih dari itu, kekurangan asupan protein juga berpotensi merusak otot jantung, karena otot jantung tidak mendapatkan makanan yang cukup. Akibatnya terjadilah gangguan ritme jantung (aritmia).

“Ketika bagian pacemaker (pemacu jantung) yang tersusun dari sel-sel otot tersebut rusak, maka irama denyut jantung juga mengalami kerusakan. Sehingga tugas jantung memompa darah menjadi kacau hingga mengakibatkan gagal jantung,” jelas Dr. Hurley Conrado dari University of Saint Thomas.

Lebih jauh Dr. Hurley menjelaskan bahawa kerusakan jaringan protein bisa terjadi sejak seseorang tidak mengonsumsi protein dalam satu atau dua hari. Gejala memang tidak dirasakan namun kerusakan bisa terus berlangsung.

“Tidak ada yang salah dengan konsumsi sayur dan buah. Semuanya menyehatkan. Tapi alangkah baiknya jika Anda tambahkan sumber nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar seperti halnya protein, karbohidrat dan lemak sehat,” tutup Dr. Hurley. (dan)

BACA JUGA : 7 Makanan Penambah Usia di Dapur Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes