kepribadian pengaruhi kesehatan

Kepribadian Tak Berkorelasi dengan Kesehatan Anda

Apakah Anda tahu bahwa emosi dan kepribadian Anda memainkan peran penting dalam kesehatan Anda? Ya, menurut studi yang dilakukan di University of Nottingham di Inggris mengungkapkan bahwa kepribadian Anda dapat mempengaruhi kesehatan dan bahkan dapat memperpendek umur Anda.

Headline Kepribadian

Studi ini menemukan bahwa hubungan antara ciri-ciri kepribadian tertentu dan cara gen Anda terbentuk ternyata memainkan peran penting dalam mengontrol aktivitas kekebalan tubuh Anda.

Para peneliti mempelajari 121 orang dewasa sehat dari berbagai etnis,. Di mana 86 di antaranya adalah perempuan, dan 35 adalah laki-laki dengan usia rata-rata 24 tahun. Studi mengharuskan responden menyelesaikan tes kepribadian yang mengukur lima dimensi kepribadian mereka, termasuk extraversion (faktor dominan patuh), agreeableness (social adaptibility), Neuroticism (emosi yang negatif), Openness (keterbukaan), Conscientiousness (menggambarkan self discipline).

Para peneliti juga mengumpulkan sampel darah dari setiap peserta dan menganalisis perilaku merokok, minum, dan latihan (olahraga).

Hasil penelitian menyebutkan, tidak terdapat hasil yang mendukung teori umum bahwa kecenderungan memiliki emosi negatif seperti depresi atau kecemasan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Prof. Kavita Vedhara mengungkapkan terkait dengan hasil penelitian ini.

Menurutnya, extraversion akan dikaitkan dengan peningkatan ekspresi gen pro-inflamasi dan membangun kesadaran yang berkorelasi terhadap penurunan ekspresi gen pro inflamasi. Temuan dari studi ini diterbitkan berdasarkan studi jurnal ilmiah di Inggris. (gie)

BACA JUGA: 4 Mitos Tentang High-Intensity Interval Training (HIIT)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes