manfaat kopi tanpa gula

Studi: Kopi Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Tanpa Gula

Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Tapi jangan menjadikan penelitian ini sebagai alasan agar Anda minum lebih banyak kopi lagi setiap hari, karena kopi yang dimaksud adalah kopi yang dihidangkan tanpa gula.
manfaat kopi tanpa gula
Sebuah studi yang dipubliaksikan dalam jurnal Diabetologia menyebutkan bahwa mereka yang meningkatkan konsumsi kopi lebih dari secangkir, berisiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Sedangkan penurunan konsumsi kopi dengan jumlah yang sama dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 17 persen.

Data ini diperolah setelah studi tersebut melakukan analisa pada lebih dari 120.000 profesional kesehatan yang turut andil dalam obeservasi ini.

Shilpa Bhupathiraju selaku penulis penelitian dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa, untuk diabetes tipe 2, konsumsi sampai dengan 4 cangkir per hari dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah.

“Selama tidak menyebabkan seseorang mengalami termor dan kegelisahan, maka minum kopi dapat memberikan manfaat kesehatan. Terutama jika dikonsumsi tanpa gula.” terang Shilpa.

Selain itu dalam kopi juga ada bahan kimia yakni senyawa fenolik dan lignan yang menurut Shilpa dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Dia menambahkan bahwa kopi kaya akan magnesium yang dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan New England Journal of Medicine juga memberikan catatan serupa. Studi tersebut meyakini bahwa kopi tidak hanya baik untuk mengurangi risiko diabetes, tetapi juga efektif mencegah penyakit kronis lain seperti, penyakit jantung dan kanker tertentu. (dan)

BACA JUGA : IKLAN ROKOK DI TV BIKIN ANDA SULIT BERHENTI MEROKOK

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes