Studi: Kotoran Manusia Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Anda mungkin akan terperanjat dengan informasi berikut ini. Anda pasti tahu bahwa kotoran manusia adalah sisa metabolisme tubuh yang mengandung jutaan bakteri dan mikroba lainnya.

kotoran-manusia-tingkatkan-daya-tahan-tubuh

Tapi tahukah Anda bahwa seorang peneliti di Amerika Serikat mengatakan bahwa kotoran manusia tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kok bisa?

Adalah Peneliti asal Amerika Serikat, Jeff Leach, dari organisasi Human Food Project mengklaim, hasil pembuangan manusia ini bisa dimanfaatkan buat menambah daya tubuh.

Leach punya alasan meneliti metode peningkatan antibodi melalui kotoran manusia. Dia mulai melakukan serangkaian penelitian setelah putrinya didiagnosis menderita diabetes. Kesimpulannya, manusia modern terlalu hidup bersih. Imbasnya, mikroorganisme di alam yang bisa mendukung kesehatan berkurang di dalam tubuh.

“Berkah kesehatan itu bisa dilihat dari manusia di kebudayaan yang kurang moderen. Mereka jarang sakit, walau tinggal di lingkungan yang jorok. Ini karena mereka tidak banyak terpapar pengobatan modern,” kata Leach seperti dilansir vice.com.

Meski begitu tidak sembarang kotoran manusia yang bisa digunakan untuk keperluan ini. Leach menegaskan bahwa kotoran yang bisa digunakan adalah hasil pencernaan manusia dari suku terpencil. Untuk menguji hal ini, Leach menyuntikkan feses anggota suku Hazda di Afrika ke tubuhnya.

“Tinja suku Hazda ini bagaikan bahtera Nabi Nuh, karena sangat kaya mikroba yang tidak dimiliki manusia modern,” tegasnya. (dan)

BACA JUGA : MENGAPA ORANG DIET HARUS BATASI GARAM? INI ALASANNYA!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes