Studi: Kurangi Porsi Makan bisa Perpanjang Usia

Jika penelitian sebelumnya mengatakan bahwa olahraga bisa memperpanjang umur seseorang, kini penelitian terbaru menemukan fakta yang lebih unik. Seseorang yang menginginkan masa hidup lebih lama alias panjang umur sebaiknya mulai mengurangi porsi makannya dari sekarang, mengapa?

Studi-Kurangi-Porsi-Makan-bisa-Perpanjang-Usia

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nature Communications menyebutkan bahwa mengurangi porsi makan, dalam artian membatasi asupan kalori, berkaitan erat dengan peningkatan masa hidup seseorang.

Kesimpulan ini bukan tanpa dasar, karena penelitian yang dilakukan di China ini telah mengamati tikus yang diberi makanan tinggi lemak dan rendah lemak. Sebagian lainnya diberikan makanan yang mereka inginkan (free feeding), dan sebagian lagi hanya diberi 70 persen makanan dari kelompok free-feeding.

Dari pengamatan tersebut diketahui bahwa kelompok yang dibatasi kalorinya dan rendah lemak berumur lebih panjang. Sementara tikus yang makan makanan berlemak tinggi sebanyak mereka mau justru berumur lebih pendek.

Seperti dikuti Asiaone, Zhao Liping, selaku profesor spesialis mikrobiologi di Shanghai Jiao Tong University, mengatakan, “Penelitian ilmiah telah menunjukkan hasil bahwa pembatasan kalori meningkatkan rentang hidup, meski belum menjawab mengapa dan bagaimana,”

“Setidaknya penelitian ini memberikan sudut pandang baru untuk menjelaskan hubungan antara pembatasan kalori dan rentang hidup, bahwa pembatasan kalori mungkin memberi efek dengan merubah bakteri usus,” tambah Zhao. (dan)

BACA JUGA : Waspada, Makanan Manis Bisa Picu Kanker Usus

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes