latihan penderita lupus

Studi: Low Impact Exercise, Sahabat Penderita Lupus

Lupus. Mungkin nama penyakit ini sudah tak asing di telinga Anda. Jumlah penderita lupus mencapai 5 juta orang di seluruh dunia (menurut data Yayasan Lupus Indonesia).

latihan penderita lupus

Penelitian menemukan bahwa ternyata rutinitas latihan memberikan dampak positif bagi penyakit ini . Dengan latihan rutin, banyak manfaat yang akan didapat dalam upaya pengelolaan penyakit lupus.

Lupus adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika tubuh menyerang jaringannya sendiri karena menganggapnya sebagai benda asing. Lupus merupakan penyakit kronis yang dapat merusak bagian tubuh termasuk kulit, sendi dan organ.

Dalam istilah sederhana, seseorang dapat dikatakan menderita penyakit ini saat tubuhnya menjadi alergi pada dirinya sendiri. Rutinitas latihan bukanlah sesuatu yang harus dijauhi oleh seseorang yang menderita lupus, tapi justru disarankan, karena banyak manfaat yang didapat dari kebiasaan ini.

Tetap aktif

American College of Rheumatology menganjurkan agar penderita lupus melakukan latihan intensitas rendah hingga sedang, seperti latihan fleksibilitas, peregangan, dan latihan kewaspadaan seperti tai chi dan pilates.

Melancarkan sirkulasi darah

Tetap fokus dan berpikir positif. Rajin latihan akan membuat perhatian Anda terfokus pada latihan, dan tidak pada gejala dan rasa sakit yang Anda alami.

Odipus (orang hidup dengan lupus) disarankan menghindari hal-hal yang dapat membuat penyakitnya kambuh seperti menghindari stress, menjaga agar tidak langsung terkena sinar matahari, mengurangi beban kerja yang berlebihan dan menghindari pemakaian obat tertentu. Penanggulangan lupus ini tentu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga seorang odipus akan dapat hidup layaknya orang normal. (dan)

BACA JUGA : Fakta Unik Mengapa Anda Perlu Olahraga di Pagi Hari

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes