kecanduan makanan

Studi: Makin Gemuk Seseorang, Makin Kecanduan Makanan

Apakah Anda mengalami keinginan untuk makan hanya dengan melihat gambar makanan lezat padahal Anda baru saja menghabiskan makanan Anda? Jika ya, mungkin Anda sedang mengalami kecanduan makanan.

kecanduan makanan
“Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan psikologis naluriah untuk sering makan,” kata Claus Voegele, seorang profesor psikologi klinis dan kesehatan di University of Luxembourg di Luxembourg.

Kondisi ini cenderung dialami wanita yang memiliki berat badan berlebih. Wanita dengan masalah berat badan lebih impulsif daripada wanita dengan berat badan ideal dalam tes psikologi yang berhubungan dengan makanan.

“Kecanduan ini memiliki karakter serupa dengan pecandu judi, rokok, seks, dan narkoba. Ada perasaan lebih baik yang mereka terima dari neurotransmitter kimia yang dihasilkan ketika melakukan sesuatu yang membuat mereka kecanduan,” tambah Voegele.

Untuk menguji hal ini, Voegele dan rekannya menunjukkan gambar makanan berlemak atau makanan manis (burger, kue kering atau pizza dan lainnya) dan barang-barang non-makanan (kaus kaki, mug atau sepatu dan lainnya) yang ditunjukkan secara acak di layar komputer.

Para wanita tersebut diminta untuk meng-klik secepat mungkin pada gambar makanan maupun non-makanan yang muncul di layar monitor. Tes tersebut dijalankan tiga jam sebelum dan sesudah makan.

Dari studi tersebut para peneliti menemukan bahwa beberapa wanita dengan masalah berat badan mengatakan, tampilan gambar-gambar makanan tersebut makin memicu keinginan mereka untuk makan, terlepas dari bagaimana mereka menghabiskan porsi makan yang besar sebelumnya.

Studi ini menyimpulkan bahwa semakin bertambah berat badan seseorang, makin tinggi pula nafsu makan mereka terhadap makanan berkalori tinggi. Bahkan berpotensi membuat mereka kecanduan terhadap makanan. (dan)

BACA JUGA : RAJIN NGOPI BISA SEMBUHKAN ASMA & SAKIT KEPALA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes