Studi : Menjadi Relawan Baik untuk Jantung

Menurut penelitian terbaru di jurnal JAMA Pediatrics, aktivitas menjadi seorang relawan ternyata baik untuk jantung Anda, bahkan di usia muda.

menjadi volunteer

Penelitian ini melibatkan 106 siswa di Vancouver, Kanada, yang mengikuti kegiatan sukarela selama 10 minggu. Lalu, para peneliti mengukur indeks massa tubuh (BMI), peradangan, dan kadar kolesterol sebelum dan sesudah penelitian. Mereka juga menilai kepercayaan diri, kesehatan, mood mental, dan empati para siswa.

Hasilnya, setelah 10 minggu, mereka memiliki tingkat peradangan, kolesterol, dan BMI yang lebih rendah.

“Mereka yang tercatat mengalami peningkatan empati, perilaku altruistik, dan kesehatan mental terbesar adalah siswa-siswa yang juga mengalami peningkatan kesehatan jantung terbesar,” ujar Hannah Schreier, penulis studi di Mount Sinai Hospital, New York, AS.

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab utama kematian di Kanada dan Amerika Serikat. Tanda-tanda pertama dari penyakit ini muncul selama masa remaja.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa faktor psikososial, seperti stres, depresi, dan kesejahteraan, memainkan peran penting dalam penyakit tersebut.

BACA JUGA: Kelebihan Berat Badan Picu Kanker Pankreas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes