penyebab obesitas

Studi: Obesitas Dapat Persingkat Usia

Obesitas atau kelebihan berat badan sangat berdampak tidak baik bagi kesehatan. Terbaru, obesitas juga dapat mempersingkat hidup hingga delapan tahun. Benarkah?

penyebab obesitas

“Dalam hal harapan hidup, kelebihan berat badan seburuk merokok,” kata pemimpin studi Steven Grover, profesor kedokteran di McGill University, Kanada.

Pada penelitian ini, obesitas juga dapat memunculkan penyakit kardiovaskular juga diabetes. Kelebihan berat badan dapat menganggu kehidupan seseorang selama 20 tahun.

Studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Diabetes and Endokrinologi. Dengan menggunakan data dari National Healt and Nutrition Examination Survey tahun 2003-2010 dengan menganalisis lebih dari empat ribu peserta.

Hasil analisis data, orang dengan sangat obesitas dapat kehilangan kesempatan hidup hingga delapan tahun. Sementara penderita yang obesitas dapat kehilangan waktu hidup hingga enam tahun.

Tak hanya itu, waktu hidup yang sehat hilang dua hingga empat kali lebih tinggi dibanding orang yang memiliki berat badan sehat dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) antara 18,5 – 25. (ctr)

BACA JUGA: OBESITAS DAPAT MERUSAK JANTUNG TANPA GEJALA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes