Obesitas kurangi harapan hidup

Studi: Obesitas Kurangi Harapan Hidup Hingga 8 Tahun

Kelebihan berat badan dan obesitas memiliki potensi untuk mengurangi harapan hidup individu sampai dengan delapan tahun. Berdasarkan studi, obesitas bisa jadi sangat menghawatirkan. Bahkan, dampak buruknya setara dengan orang merokok.

Headline Obesity

“Dalam harapan hidup, seorang yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas sama buruknya dengan para perokok,” kata pemimpin penelitian Steven Grover, Profesor Kedokteran di Universitas McGill, kanada.

Bahkan, studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes atau penyakit jantung. Ini berarti, kelebihan berat badan dapat merampas kehidupan seseorang selama hampir dua dekade.

“Tim kami telah mengembangkan sebuah model komputer untuk membantu dokter dan pasien. Mereka lebih dianggap memahami tubuh sebagaimana kelebihan berat badan memberikan kontribusi untuk mengurangi harapan hidup akibat risiko besar diabetes dan penyakit jantung,” kata Grover.

Para peneliti menggunakan data dari National Health dan survei pemeriksaan gizi mulai dari tahun 2003 hingga 2010, dari hampir 4 ribu orang.

Temuan mereka telah mengasumsikan bahwa seseorang yang mempunyai kelebihan berat badan dapat kehilangan hingga delapan tahun harapan hidup mereka, dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat tubuh ideal.

“Bedasarkan penelitian melalui data-data survei tersebut telah menemukan, bahwa seseorang yang mempunyai berat badan lebih, maka semakin besar –pula efeknya untuk kesehatan mereka,” Grover menambahkan.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Diabetes dan Endokrinologi. (gie)

BACA JUGA: Cara Ini Terbukti Kurangi Angka Kematian Akibat Penyakit Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes