diabetes, olahraga

Studi: Olahraga Tak Beri Manfaat Bagi Penderita Diabetes

Olahraga memang sangat baik bagi tubuh dan mampu mencegah beragam penyakit. Namun ternyata, temuan baru menyebutkan bahwa latihan rutin tidak berpengaruh signifikan pada beberapa penderita diabetes tipe 2.

CATUR

Tubuh penderita diabetes tipe 2 menjadi resisten terhadap hormon insulin yang menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. The U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa 40 persen warga Amerika berpotensi menderita penyakit ini.

Penyakit ini dapat terjadi akibat obesitas dan kurangnya aktivitas fisik. Dokter sering merekomendasikan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah dan mengobati diabetes tipe 2. Namun, penelitian yang diterbitkan dalam Endocrine Society Journal of Clinical Endocrinologi & Metabolisme mengungkapkan bahwa olahraga yang rutin tidak dapat memperbaiki kontrol gula darah sebagian penderita karena pengaruh gen.

Para ilmuwan menemukan bahwa sekitar 20 persen penderita diabetes tipe 2 tidak mengalami perbaikan dalam kontrol gula darah, sensitivitas insulin, serta kemampuan pembakaran lemak pada mitokondria, meski melakukan program olahraga rutin. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan orang dengan penyakit diabetes atau yang berisiko, apakah merespons olahraga atau tidak.

Menurut peneliti, pola genetik dan epigenetik memegang peran penting untuk membedakan dua hal tersebut. Dengan temuan ini, dapat ditentukan perawatan bagi penderita diabetes tipe 2 serta mencari pengobatan baru untuk membantu penderita yang tidak merespons olahraga. (ctr)

BACA JUGA: 4 Latihan Cegah Kembalinya Lemak Dalam Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes