jantung sehat

Studi: Orang Optimis Miliki Jantung Lebih Sehat

Penyakit jantung merupakan pembunuh mematikan di dunia. Namun, cukup dengan selalu optimis ternyata dapat membuat jantung lebih sehat.

jantung sehat

Seperti yang dikutip dari voicechronicle.com, Senin (12/01), studi baru yang dilakukan lebih dari 5.100 peserta orang dewasa mengatakan bahwa sikap optimis memiliki kaitan dengan kesehatan jantung.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health Behavior and Policy ini menilai kesehatan jantung peserta menggunakan tujuh pemeriksaan. Yaitu tekanan darah, indeks massa tubuh (BMI), kadar glukosa, serum kolesterol, asupan makanan, aktivitas fisik, dan rokok.

Ini diyakini sebagai studi pertama yang meneliti hubungan antara optimisme dan kesehatan kardiovaskular pada besar, etnis dan ras yang beragam populasi. 5100 peserta untuk penelitian ini adalah 38 persen orang kulit putih, 28 persen Afrika-Amerika, 22 persen Hispanik/Latin dan 12 persen orang Cina.

Para peserta yang berkisar pada usia 45-84, juga menyelesaikan survei untuk menilai kesehatan mental, tingkat optimisme, dan kesehatan fisik.

Total skor kesehatan individu meningkat seiring dengan tingkat optimisme mereka. Orang-orang yang paling optimis adalah 50 dan 76 persen lebih mungkin untuk memiliki skor total kesehatan menengah atau ideal.

“Seseorang dengan optimisme tinggi memiliki jantung dua kali lebih sehat daripada orang yang pesimis,” kata profesor dari University of Illinois, Rosalba Hernandez.

Hubungan antara optimisme dan kesehatan jantung bahkan lebih kuat secara spesifik. Seperti usia, ras dan etnis, pendapatan, dan pendidikan.

Orang yang optimis memiliki gula darah dan tingkat kolesterol total yang lebih baik. Mereka juga lebih aktif secara fisik, memiliki indeks massa tubuh lebih sehat, dan jarang merokok. (ctr)

BACA JUGA: Secangkir Blueberry Efektif Cegah Penyakit Kardiovaskuler

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes