Studi: Pasangan Tua Lebih Cerdas Hindari Pertengkaran

Hidup berumah tangga identik dengan berbagai perbedaan yang terkadang menyatukan dan tak jarang pula mengakibatkan pertengkaran.

Studi-Pasangan-Tua-Lebih-Cerdas-Hindari-Pertengkaran

Namun baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan peneliti dari San Francisco State University melaporkan bahwa seiring bertambahnya usia pasangan, maka mereka akan semakin cerdas mengatasi perbedaan yang terjadi di antara keduanya.

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti mengamati sebanyak 127 pasangan menikah berusia muda dan paruh baya. Fokus penelitian antara lain mengamati topik pembicaraan pasangan seputar kondisi keuangan dan masalah keluarga lainnya.

Dari pengamatan terebut peneliti menemukan adanya demand-withdraw pattern alias pola tarik-ulur berubah seiring dengan pertambahan usia mereka. Dalam komunikasi ini, ada kecenderungan untuk menyalahkan pasangan agar berubah, sedangkan pasangan yang disalahkan mencoba menghindari topik pembicaraan dan memilih pergi.

Menurut peneliti, demand-withdraw pattern ini cenderung terjadi pada pasangan muda. Sedangkan pada pasangan yang lebih tua, mereka jadi lebih mudah mengubah topik pembicaraan atau mengalihkan perhatian agar tidak terjadi pertengkaran dengan pasangannya.

Sarah Holley, seorang asisten profesor psikologi dan direktur Relationships, Emotion and Health Lab, San Francisco State University menyatakan, “Ini bukan salah satu saja yang penting, tapi tampaknya baik usia maupun durasi pernikahan memainkan peranan penting dalam peningkatan penggunaan metode penghindaran ketika pasangan mulai bertengkar,” seperti dikuti WebMD. (dan)

BACA JUGA : Hubungan Persahabatan Bisa Tingkatkan Kepuasan Bercinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes