Studi: Pasien Jantung Bisa Hidup Lebih Lama Jika Berpikiran Positif

Inilah alasan mengapa memiliki sikap positif dalam hidup perlu dilestarikan. Baru-baru ini sebuah studi yang digelar di Denmark menyebutkan bahwa sikap positif dapat membuat penderita penyakit jantung memiliki harapan hidup lebih tinggi ketimbang pasien yang suasana hatinya cenderung negatif.

Studi-Pasien-Jantung-Bisa-Hidup-Lebih-Lama-Jika-Berpikiran-Positif

Sebelum mendapatkan kesimpulan tersebut peneliti melakukan studi kepada lebih dari 500 penderita jantung koroner di sebuah rumah sakit di Denmark. Para pasien tersebut diberi kuesioner untuk mengetahui suasana hati yang dirasakan dan faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi kondisi kesehatan pasien.

Dari hasil pengamatan tersebut diketahui bahwa pasien yang lebih banyak menyikapi hidup secara positif berisiko 42 persen lebih kecil mengalami kematian akibat penyakit jantung dalam masa penyembuhan.

Sedangkan pasien yang cenderung bersikap negatif berisiko 16,5 persen lebih tinggi mengalami kematian selama masa penyembuhan.

Studi yang dipublikasikan dalam American Heart Association journal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes ini menerangkan bahwa sikap positif dapat memotivasi pasien untuk rajin berolahraga. Gabungan sikap positif dan rutinitas berolahraga tersebut menjadi kunci tingginya kembali harapan hidup bagi penderita penyakit jantung.

Seperti dikutip TimesofIndia, Susanne S. Pedersen, selaku penulis studi dan profesor psikologi jantung di Departemen Kedokteran dan Psikologi Klinis, Tilburg University di Belanda mengatakan, “Kami harus fokus tidak hanya pada peningkatan sikap positif dalam rehabilitasi jantung, tetapi juga memastikan bahwa pasien melakukan latihan secara teratur. Seperti latihan dikaitkan dengan kedua peningkatan, tingkat optimisme dan kesehatan yang lebih baik.” (dan)

BACA JUGA : PTCA, Teknologi yang Bisa Perpanjang Usia Penderita Sakit Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes