Studi: Pria Berambut Merah Lebih Aman dari Kanker Prostat

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap pria berisiko mengalami kanker prostat jika tidak menjalankan gaya hidup sehat.

Pria-Berambut-Merah-Lebih-Aman-dari-Kanker-Prostat

Namun baru-baru ini sebuah studi mengungkap bahwa ada pria tertentu yang berisiko kecil terkena kanker prostat. Siapakah pria tersebut?

Tim peneliti dari Louisville University, Kentucky AS menemukan bahwa pria dengan rambut merah berisiko 54 persen lebih kecil terkena penyakit ini ketimbang pria berambut pirang, coklat atau hitam. Peneliti menganggap bahwa pria berambut merah memiliki gen tertentu yang bisa memperkecil risiko terkena kanker prostat.

Seperti dikutip Daily Mail, peneliti menyatakan bahwa pria berambut merah memiliki gen yang disebut MC1R. Sebuah gen yang disinyalir mengatur warna rambut mereka.

Kesimpulan ini didapatkan setelah peneliti mengamati 20.000 pria bersiiko kanker prostat dan satu persen dari jumlah tersebut memiliki risiko lebih kecil karena memiliki rambut berwarna merah. Dengan begitu ada kemungkinan besar gen MC1R-lah yang membantu mengontrol sejumlah sel saat membelah dan tumbuh.

Sayangnya peneliti tidak memberikan informasi secara detil mengapa warna rambut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap risiko kanker prostat.

“Lagipula kami tak berharap para pria berambut merah yang khawatir terkena kanker prostat berhenti mencari bantuan medis profesional setelah mengetahui temuan ini,” terang Dr. Ian Frame, selaku direktur Prostate Cancer UK memberikan pendapatnya tentang temuan ini. (dan)

BACA JUGA : Stres saat Kecil Bikin Tubuh Gampang Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes