melompat bisa menyehatkan tulang

Studi: Rajin Melompat Bikin Tulang Makin Kuat

Tulang kuat memiliki hubungan yang erat dengan seberapa mudah Anda membentuk otot, karena sel-sel otot menempel pada tulang. Jika Anda memiliki tulang yang rapuh dan tidak sehat maka otot akan sulit berkembang karena tulang yang berfungsi sebagai penyangga mulai kehilangan fungsinya.

melompat bisa menyehatkan tulang

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tulang yang kuat dan sehat. Satu yang paling sering disebutkan di berbagai media kesehatan adalah mencukupi kebutuhan kalsium harian tubuh, baik dari produk susu ataupun dalam bentuk makanan.

Selain itu, ada cara yang lebih simpel agar tulang Anda tetap sehat dan kuat yakni dengan rajin melompat. Sebuah penelitian terbaru yang dilansir The New York Times menyebutkan bahwa melompat secara teratur merupakan bagian dari olahraga yang dapat menjaga kepadatan tulang, terutama pada orang dewasa yang berisiko mengalami keropos tulang.

Kesimpulan ini didapatkan setelah studi di Jepang melaporkan bahwa massa tulang orang dewasa diketahui mengalami peningkatan setelah diberi porsi latihan melompat sebanyak 40 kali dalam seminggu. Studi lain yang dilakukan Christian Snow dari Oregon State University melaporkan bahwa perempuan dengan massa tulang memadai dan melompat sebanyak 50 kali sehari mengalami peningkatan kepadatan tulang yang cukup signifikan dalam 5 tahun.

Tak hanya itu, latihan lain seperti squat dan lompat tali juga diketahui memiliki manfaat serupa. Selain memperbaiki fungsi tulang, kedua latihan tersebut juga terbukti memperbaiki fungsi persendian terutama bagi mereka yang kurang beraktivitas dan terlalu banyak duduk saat bekerja.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari latihan tersebut adalah terjadi perbaikan kordinasi dan efektifitas gerakan tubuh saat beraktivitas. Terutama pada saat mengubah arah gerakan badan, mengangkat benda yang berat, mendorong ataupun menghindar dari benturan. (dan)

Cukupi Kebutuhan Kalsium Harian Anda –> Calcium Plus di Duniafitnes Store

BACA JUGA : Sudah Makan Tengah Malam, Pagi Hari Tetap Lapar. Mengapa?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes