Studi: Rajin Ngopi Bisa Sembuhkan Asma & Sakit Kepala

Bukan hal baru jika kandungan kafein dalam kopi atau teh ternyata bisa membantu tubuh membakar lemak lebih banyak dan meningkatkan mood positif.

manfaat-minum-kopi

Baru-baru ini sebuah studi terbaru menemukan manfaat sehat lain dari antioksidan yang satu ini, yakni mencegah hingga mengobati gangguan asma dan sesak napas.

Zat yang juga banyak terkandung dalam coklat ini disebut sebagai zat yang dapat meningkatkan kerja saluran pernafasan bila seseorang penderita asma mengalami sesak napas, dan reaksinya akan bertahan selama 4 jam.

Tak hanya itu, kandungan kafein dalam kopi ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala sebelah atau migrain, sehingga penderita migrain tidak perlu buru-buru mengonsumsi obat sakit kepala.

“Kafein dapat berfungsi seperti aspirin atau asetaminofen untuk mengurangi sakit kepala. Bahkan beberapa ahli memanfaatkan zat ini untuk mengobati penyakit kantung empedu dan penderita attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD),” terang dr. Rob van Dam, asisten profesor dari Department of Nutrition, Harvard School of Public Health.

Beberapa atlet pun memanfaatkan minuman yang mengandung kafein sebagai peningkkat semangat dan tenaga, sebab pemakaian dalam jumlah yang tak lebih dari 8 cangkir masih ditoleransi dan tak dianggap sebagai doping oleh Asosiasi Nasional Collegiate Atletik (NCAA).

Namun, sekali lagi para ahli kesehatan tidak menganjurkan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan demi mendapatkan manfaat sehatnya. Cukup 1-4 cangkir kopi perhari tanpa gula atau menggunakan pemanis rendah kalori dan Anda pun bisa mendapatkan manfaat sehat mengonsumsi kopi. (dan)

Kopi Diet di Duniafitnes Store –> Java Prime Cofee

BACA JUGA : SAKIT KEPALA SAAT LATIHAN? INI SEBABNYA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes