tekan obesitas

Studi: Sinar Matahari Ternyata Dapat Tekan Obesitas

Yang kita tahu selama ini, vitamin D yang terkandung dalam sinar matahari sangat baik untuk kesehatan kulit. Tahukah Anda selain hal tersebut, ternyata sinar matahari pagi juga membuat Anda mampu mengendalikan obesitas?

Jendela Sun

Ya, menurut penelitian hal tersebut memang telah dibuktikan. Para peneliti menggunakan tikus sebagai bahan percobaan. Mereka menyinari tikus dengan sinar UV, hasilnya berat badan tikus melambat.

“Temuan kami ini sangat penting. Hal ini dikarenakan, sinar matahari dapat membantu Anda mencegah perkembangan obesitas pada anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun,” kata Dr. Shelley Gorman, Research Fellow, Telethon kids Institute.

Efek menguntungkan dari UV disebabkan karena senyawa yang disebut nitric oxide, yang diproduksi oleh tubuh ketika kulit terkena sinar matahari.

Dalam penelitian ini peneliti juga mengungkapkan, nitric oxide pada tikus yang terkena paparan sinar UV juga memiliki fungsi yang sama untuk menekan berat badan. Hal ini juga terjadi pada manusia.

“Observasi ini lebih lanjut menunjukkan bahwa jumlah nitric oxide yang dilepaskan oleh kulit mungkin memiliki efek bermanfaat tidak hanya bagi jantung dan pembuluh darah, melainkan juga untuk keperluan tubuh dalam proses metabolisme,” kata Dr. Martin Feelish, Profesor Kedokteran Eksperimental dan Integratif Biologi, Universitas Southhampton. (gie)

BACA JUGA: Diabetes Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Otak Anak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes