efek duduk

Studi: Solusi 5 Menit Bagi Anda yang Duduk Terlalu Lama

Duduk sepanjang hari di depan komputer pastinya membuat tubuh Anda cepat lelah dan sering terkena nyeri pinggang atau beberapa penyakit lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan beberapa efek negatif bagi Anda yang suka atau bekerja dengan duduk sepanjang hari.

duduk lama

Tapi jangan khawatir karena ada kabar baik untuk mencegah kerusakan dari kebiasaan ini. Kabar baiknya adalah telah ditemukan latihan sederhana selama 5 menit untuk mencegah efek buruk saat tubuh terlalu lama berada di tempat duduk.

Telah terbukti bahwa duduk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan menyebabkan lingkar pinggang yang lebih besar. Kedua kondisi tersebut dapat memicu risiko penyakit kardiovaskular dan metabolik. Selain itu, otot-otot yang kendur saat Anda duduk membuat jantung tidak dapat memompa darah secara efektif.

Para ilmuwan telah menemukan bukti bahwa berjalan selama 5 menit setiap jam dapat mencegah menggumpalnya darah di kaki selama Anda duduk. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, para peneliti di Universitas Indiana ini menyelidiki apa saja efek berjalan-jalan beberapa menit terhadap penggumpalan darah di kaki selama duduk. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan tes acak pada 2 kelompok yang melibatkan 12 orang sehat tetapi tidak aktif antara usia 20-35. Kelompok pertama mengharuskan orang-orangnya duduk selama tiga jam tanpa memindahkan kaki mereka.

Kelompok yang kedua, orang-orangnya juga duduk selama tiga jam, tapi mereka berjalan selama lima menit di menit ke-30, kemudian di menit ke-90 dan di menit ke-150. Para peneliti mengukur fungsi arteri utama pada kaki setiap jam terhadap kelompok yang kedua.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa aliran darah di arteri utama kaki terhalang sebanyak 50% setelah duduk selama 1 jam pada kelompok pertama. Namun, pada kelompok yang kedua tidak ditemukan gangguan pada aliran arterinya.
Di penelitian lain disebutkan bahwa dengan berjalan dan terkena cahaya selama 5 menit mampu mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Para peneliti juga menemukan bahwa dengan berolahraga mampu mengurangi bahkan melawan efek negatif dari kebiasaan ini.

Maka dari itu ketika Anda menghabiskan waktu berjam-jam hanya dengan duduk, pastikan Anda selalu meluangkan 5 menit di setiap jamnya untuk berjalan-jalan kecil. (mee)

BACA JUGA: Tetap Hemat dan Sehat, Meski Harga BBM Naik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes