penyakit jantung

Manfaat Lain Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Melakukan olahraga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit jantung. Selain itu, olahraga yang dilakukan di rumah ternyata mampu memberikan motivasi bagi orang yang mengalami keputusasaan karena penyakit jantung.

Mas Catur

Keputusasaan pasien jantung dapat berdampak buruk pada kesehatannya, bahkan bisa berujung pada kematian. Peneliti mengatakan bahwa perasaan tersebut dapat membuat orang untuk tidak ingin melakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga atau berhenti merokok. Perasaan pesimis tentang masa depan mereka bisa berakibat depresi dan membuat pasien kehilangan minat pada olahraga.

Penelitian baru ini melibatkan 300 orang dengan penyakit jantung koroner serta berusia rata-rata 66 tahun. Sepertiga peserta adalah perempuan. Hasilnya, 24 persen pasien mengalami perasaan putus asa, 28 persen mengalami perasaan putus asa jangka panjang, 30 persen mengalami keduanya.

Setahun kemudian, pasien yang putus asa melakukan olahraga di rumah setidaknya tiga kali dalam seminggu, mengalami penurunan sebesar 12 persen. Hasil penelitian ini disampaikan Selasa pada pertemuan American Heart Association (AHA) di Chicago, Selasa (18/11) lalu.

Yang membuat peneliti cukup terkejut adalah olahraga di rumah sakit justru tidak memberikan dampak efektif pada penderita yang putus asa.

“Untuk pertama kalinya, kami menemukan efek menguntungkan dari latihan dalam membantu pasien merasa lebih memiliki harapan. Dengan latihan di rumah, pasien mungkin berpikir lebih positif tentang masa depan dan merasa lebih mampu membuat perubahan positif untuk hidup sehat,” kata penulis utama studi, Susan Dunn, yang juga seorang profesor keperawatan di Hope College di Belanda.

Untuk itu, para peneliti menyarankan bahwa pasien penderita penyakit jantung harus didorong untuk melakukan olahraga rutin. Motivasi sangat diperlukan untuk pasien penyakit jantung agar memiliki harapan lebih ke depannya untuk menerapkan pola hidup sehat.

BACA JUGA: Sering Sakit di Bagian Punggung, Perbanyak Latihan Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes