Sudah Dewasa tapi Masih Ngompol. Mungkin ini Penyebabnya

Salah satu kebiasaan balita yang hampir dilakukan setiap hari adalah mengompol. Hal ini sangat wajar karena pada usia tersebut balita masih belum memiliki insting untuk buang air kecil di toilet seperti halnya orang dewasa.

Sudah-Dewasa-tapi-Masih-Ngompol.-Mungkin-ini-Penyebabnya

Lalu bagaimana jika orang dewasa yang mengompol? Kebiasaan ataukah karena ada gangguan kesehatan tertentu?

Mengompol, baik pada balita atau orang dewasa biasanya terjadi karena kelebihan cairan menjelang tidur. Biasanya menjelang tidur seseorang minum terlalu banyak air, sehingga ketika kantung kemih penuh, tubuh tidak kuasa menahan keluarnya air seni.

Bermimpi buang air kecil adalah hal yang paling lumrah terjadi sebelum seseorang mulai mengompol. Secara psikologi buang air kecil dalam mimpi disebabkan karena kandung kemih penuh. Itulah mengalami alam bahwa sadar ‘memerintahkan’ untuk segera mengosongkannya dengan cara buang air kecil, seperti dilansir Boldsky.

Lebih dari itu, mengompol pada orang dewasa juga sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan seperti, kanker kandung kemih, diabetes, gangguan neurologis, obstructive sleep apnea, Kanker prostat, Infeksi saluran kemih, hingga Batu saluran kemih.

Jadi, bagi para orang dewasa yang belakangan ini Anda mulai sering mengompol. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab Anda mengompol. (dan)

BACA JUGA : Tubuh bisa Langsing Hanya dengan Bermain Game?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes