sunblock pengaruhi masalah kesuburan

Sunblock Sebabkan Masalah Kesuburan?

Apakah Anda sering bepergian ke pantai, berjemur dengan menggunakan sunblock (tabir surya)? Hati-hati, produk tersebut ditengarai dapat berdampak pada kesuburan Anda.

sunblock

Studi ini dilakukan oleh National Institute of Health . Para peneliti menemukan bahwa bahan kimia dalam sunblock dan produk sejenis yang menyaring sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan ketidaksuburan pada manusia. Studi yang juga disebut Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment ini melibatkan 500 pasangan.

Untuk mengetahui peran bahan kimia dan kesuburan, peneliti mengambil sampel urin dari pasangan selama 12 bulan. Hasilnya, ditemukan bahwa dua bahan kimia sunblock, BP-2 atau 4 OH-BP. Bahan kimia ini juga ditemukan pada urine laki-laki. Bahan kimia juga ditemukan dalam pelembab dan sampo.

“Sekarang, pikiran tersebut (bahan kimia) aman digunakan dalam mencegah radiasi pengion dan sengatan matahari. Tapi bagaimana dengan dampak bagi kesehatan?” kata penulis studi, Germaine Buck Louis.

Buck Loius juga menambahkan bahwa masih belum jelas apakah bahan kimia ini dapat mengurangi kesuburan pria. Lantas, bagaimana cara untuk menjaga kulit agar bebas kanker, namun juga tidak khawatir dengan kesuburan?

Para ilmuwan tak banyak menjawab karena tidak ada hukum yang mewajibkan produsen menunjukkan bahan kimia dalam sunblock. Namun, ilmuwan menyarankan seseorang jika selesai berjemur dan memakai sunblock, maka harus segera dihilangkan dengan mandi. (ctr)

BACA JUGA: Tak Usah Khawatir, Semua Orang Miliki Otot Sixpack

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes