Suplemen Prebiotik Bisa Tingkatkan Kadar Vitamin D

Sebuah studi baru menemukan bahwa, suplemen prebiotik dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh hingga lebih dari 25%.

Ini adalah bukti pertama dimana prebiotik berperan dalam menjaga nutrisi untuk penguatan tulang. Penelitian prebiotik sebelumnya menunjukkan kemampuannya menurunkan kolesterol, tapi belum menunjukan dapat meningkatkan kadar vitamin D.

Suplemen Prebiotik Bisa Tingkatkan Kadar Vitamin D

Para peneliti mengundang beberapa partisipan orang dewasa yang diberi suplemen prebiotik selama 9 minggu, dan mereka dimonitor untuk menguji tingkat vitamin D dalam darah dan ternyata hasilnya meningkat lebih dari 25%.

Kurangnya kadar vitamin D dalam tubuh dapat juga mengembangkan risiko rakhitis (pelunakkan tulang) pada anak-anak dan menyebabkan osteoporosis pada orang dewasa. Para peneliti juga menemukan hubungan vitamin D dengan pencegahan beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung, autoimun, dan diabetes. Ada beberapa faktor yang dapat mengurangi kadar vitamin D, termasuk kurangnya terpapar sinar matahari dan obesitas.

“Penelitian ini menambah pengetahuan ilmu tubuh tentang microbiome (komunitas bakteri dalam usus) dan perannya dalam kesehatan manusia,” ungkap Dr. Mitchell Lawrence Jones, MD., PhD., penulis utama studi ini dan kepala penelitian di salah satu perusahaan prebiotik di Kanada yaitu Micropharma Limited.

“Meskipun telah diketahui bahwa saluran pencernaan berperan aktif dalam penyerapan vitamin D, temuan ini justru menunjukkan peninkatan vitamin D oleh suplemen prebiotik dan akan bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kadar vitamin D rendah,” sambung Dr. Jones. (boy)

BACA JUGA : Cegah Mioma dengan Sinar Matahari dan Vitamin D

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes