obesitas

Tak Ingin Obesitas, Banyak Remaja Turunkan Berat Badan

Remaja yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, mulai berlatih untuk menurunkan berat bukan karena saran dari orang tua, tapi karena alasan kesehatan.

obesitas

“Temuan kami menunjukkan bahwa remaja memiliki motivasi yang lebih mendalam. Implikasinya, orang tua harus membantu anaknya untuk beperilaku sehat agar menjadi sehat di lingkungan sosialnya,” kata Chad Jensen, psikolog di Universitas Brigham Young dalam jurnal Obesity seperti dilansir ZeeNews.com.

Dari hasil studi, 40 remaja berhasil menghilangkan ‘status’ obesitas pada mereka. Para remaja tersebut rata-rata berhasil menurunkan 13 kilogram. Mereka juga berhasil mempertahankan berat badan selama setahun penuh.

Motivasi mereka untuk menurunkan berat badan lebih dari 60 persennya adalah karena alasan kesehatan. Sementara sisanya ada yang termotivasi ingin memiliki berat badan normal seperti temannya.

“Ini adalah semacam kesempatan untuk membuat perubahan. Ada banyak perubahan yang terjadi, sehingga beberapa remaja memutuskan untuk membuat perubahan agar lebih sehat,” tambah Jensen.

Hampir semua remaja mengatakan bahwa keputusan mereka menurunkan berat badan atas inisiatif pribadi karena alasan kesehatan. Sementara orang tua hanya memberikan contoh berperilaku sehat serta menyediakan makanan sehat. (ctr)

BACA JUGA: Cegah Diabetes Dengan Hindari Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes