Takut Gemuk? Sebaiknya Jangan Naik Pesawat

Selain lebih cepat dan efisien, bepergian menggunakan pesawat memang menjadi pilihan tepat jika Anda tidak ingin kecapekan menuju tempat liburan Anda.

naik-pesawat

Namun para ahli menyebutkan bahwa terlalu sering naik pesawat dapat mendatangkan gangguan kesehatan tanpa Anda sadari. Kondisi paling umum adalah gangguan di telinga dan saluran pernapasan karena perbedaan ketinggian udara.

Bahkan sebuah studi di Israel menemukan, orang yang terlalu sering naik pesawat lebih mudah gemuk ketimbang orang yang jarang naik pesawat.

Adalah Eran Elinav seorang peneliti dari Institute of Science di Israel mengatakan, “Mengalami perubahan zona waktu terutama bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri dapat menghasilkan gangguan pada jam biologis Anda yang berimbas pada sistem metabolisme tubuh dan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.”

Sistem metabolisme yang terganggu akan membuat sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik. Sementara kurangnya waktu istirahat terutama di malam hari mampu menghambat pertumbuhan baik yang bermanfaat untuk mencerna makanan Anda. Hasilnya, berat badan bisa bertambah tanpa Anda sadari,” imbuh Eran.

“Minimnya aktivitas fisik di dalam pesawat terutama untuk penerbangan berjam-jam bisa memperburuk kondisi ini. Aliran darah menjadi tidak lancar, kalori tubuh tidak dibakar secara optimal dan akhirnya gangguan kesehatan pun mengintai,” imbuh Elinav. (dan)

BACA JUGA : INI LHO PENYAKIT YANG MENGINCAR MASYARAKAT KOTA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes