Tanaman Tembakau Bisa Sembuhkan Rabies?

Meski tembakau disebut-sebut sebagai tumbuhan “pembunuh”, tetapi tumbuhan tembakau versi yang diubah secara genetik ternyata dapat dijadikan sebagai obat terjangkau untuk mengobati rabies yang mematikan.

tanaman tembakau bisa sembuhkan rabies

Seperti dikutip Zeenews.com, para ilmuwan dari University of London mengklaim telah berhasil mengembangkan sebuah antibodi dari tanaman tembakau yang direkayasa secara genetis, untuk mencegah virus rabies menempel di ujung saraf di sekitar lokasi gigitan dan mencegahnya menuju ke otak.

“Rabies dilaporkan terus membunuh ribuan orang di seluruh dunia setiap tahun dan berpengaruh negatif terhadap kunjungan wisatawan internasional,” ujar peneliti Leonard Both dan rekannya dari Hotung Molecular Immunology Unit, University of London, Inggris.

“Infeksi rabies yang tidak dapat diobati ini memiliki tingkat kefatalan hampir 100 persen dan biasanya korban yang terdiagnosa terkena rabies akan meninggal. Memproduksi antibodi murah dari tanaman transgenik ini membuka prospek pencegahan rabies yang memadai bagi keluarga berpenghasilan rendah di negara-negara berkembang,” kata Both, menurut laporan The FASEB Journal.

Antibodi ini juga terbukti aktif dalam menetralisir sejumlah besar kelompok virus rabies. “Meski dapat diobati dengan antibodi namun laporan adanya serangan rabies adalah berita yang sangat buruk,” ujar Gerald Weissmann, Editor-In-Chief dari The FASEB Journal.

“Pengobatan ini sangat berguna bagi orang-orang di negara berkembang dimana produksi obat rabies butuh biaya mahal sehingga menyebabkan kekurangan pengobatan,” tambah Weissmann, profesor kedokteran di New York University dan Direktur Biotechnology Study Centre. (jay)

BACA JUGA: Studi : Kunyah Permen Karet Percepat Otak Berpikir

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes