menurunkan berat badan

Teh Hijau Efektif Menurunkan Berat Badan, Asal…

Telah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Terbaru, teh hijau efektif menurunkan berat badan jika dibarengi dengan olahraga.

menurunkan berat badan

Seperti dikutip dari DailyMail, Senin (09/02), penelitian dari Anglia Ruskin University mengungkapkan jika mengonsumsi teh hijau dibarengi olahraga dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Peneliti melakukan studi pada 14 pria, yang mana tujuh diantaranya diberikan kapsul ekstrak teh hijau dan tujuh lainnya dengan plasebo. Kapsul tersebut mengandung 571 mg ekstrak teh hijau.

Hasilnya, peserta yang diberikan kapsul ekstrak teh hijau dapat mengurangi lemak sebesar 1,63 persen dibanding peserta dengan plasebo. Sementara itu, tingkat oksidasi lemak juga meningkat sebesar 25 persen. Ini penting karena oksidasi lemak membantu menurunkan berat badan.

Ke-14 peserta juga diminta melakukan olahraga bersepeda selama satu jam, tiga kali seminggu. Dalam empat minggu, peserta yang mengonsumsi kapsul ektrak teh hijau mengaku energi mereka meningkat 10,9 persen, dan jarak tempuh rata-rata 20,2 km menjadi 22,4 km.

“Telah lama diketahui jika teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan EGCG yang tinggi. Tapi untuk memperoleh manfaatnya (menurunkan berat badan), seseorang harus minum enam hingga tujuh gelas per hari,” kata pemimpin studi, Dr. Justin Roberts dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Kapsul yang diujikan kali ini, yaitu ekstrak teh hijau sebanyak 571 mg, mengandung dosis EGCG harian sebesar 400 mg. Peneliti mengatakan, teh hijau memang sangat efektif untuk menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan olahraga. (ctr)

BACA JUGA: Teh Hijau Mampu Basmi Sel Kanker Mulut

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes