teh hijau

Teh Hijau Mampu Basmi Sel Kanker Mulut

Telah banyak studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan. Terbaru, senyawa dalam teh hijau mampu membunuh sel kanker mulut tanpa merusak sel-sel yang sehat.

teh hijau

Dikutip dari DailyMail, Sabtu (07/02), ilmuwan dari Penn State University mengatakan bahwa senyawa dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) mampu memmbunuh sel-sel kanker mulut tanpa merusak sel yang normal. Para ilmuwan mengatakan bahwa EGCG dapat memicu proses di mitokondria untuk membunuh sel.

“EGCG dapat merusak mitokondria dan menghasilkan siklus yang menyebabkan kerusakan lebih banyak lagi hingga selnya mati,” kata Profesor Joshua Lambert dari Penn State’s Center for Plant and Mushroom Foods for Health.

“Sepertinya EGCG menyebabkan pembentukan oksigen reaktif dalam sel-sel kanker, yang merusak mitokondria, dan mitokondria merespon dengan membuat oksigen lebih reaktif,” tambahnya dalam studi yang dipublikasikan di jurnal online Molecular Nutrition and Food Research.

Reaksi oksigen berperan penting dalam penanda sel. Ketika tingkat oksigen reaktif meningkat secara dramatis, dapat menyebabkan kerusakan pada struktur sel. Hal ini dikenal dengan stres oksidatif. Tim peneliti mengatakan, protein sirtuin 3 (SIRT3) berperan penting dalam fungsi mitokondria dan respon antioksidan dalam jaringan tubuh.

Pada penelitian-penelitian sebelumnya, teh hijau disebut memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Seperti melawan radikal bebas, merawat gigi dan mulut, meningkatkan kinerja otak, hingga menurunkan berat badan. (ctr)

BACA JUGA: Diabetes Buat Harapan Hidup Wanita Lebih Pendek

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes