Telapak Kaki Melebar, Bisa Jadi Karena Obesitas

Makin banyak saja dampak negatif dari obesitas dalam dua dekade terakhir. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa makin banyak orang gemuk di zaman modern, makin lebar pula ukuran rata-rata kaki manusia akibat harus menahan beban berlebih.
obesitas-bikin-telapak-kaki-lebar
Studi yang digelar di College of Podiatry menemukan bahwa ukuran kaki laki-laki di Inggris mengalami pembesaran jika dibandingkan 20-30 tahun yang lalu. Ukuran kaki rata-rata orang Inggris membesar 2 ukuran, dari 8 menjadi 10.

Kondisi serupa juga dialami oleh perempuan. Dalam 40 tahun terakhir, ukuran rata-ratanya meningkat dari 4 menjadi 6.

Para peneliti meyakini, bahwa ukuran da berat tubuh manusia yang menjadi penyebabnya. Makin tinggi dan besar tubuh manusia, makin lebar pula ukuran kaki untuk memberikan kompensasi atas peningkatan tekanan yang disebabkannya.

Sebuah survei yang digelar di Inggris pada lebih dari 1.800 orang menunjukkan bahwa 25 persen laki-laki dan 41 persen perempuan menyadari bahwa kakinya melebar dalam beberapa tahun terakhir. Ini artinya masyarakat di Inggris mulai memahami bahwa indeks massa tubuh mempengaruhi bentuk kaki mereka.

Seperti dikuti BBC, Lorraine Jones dari Society of Chiropodists and Podiatrists selaku pimpinan penelitian mengatakan, “Peningkatan berat badan memberikan tekanan lebih pada kaki dan artinya ligamen serta sendi butuh bekerja lebih keras untuk menjaga struktur kaki.”

Sekilas ukuran telapak kaki melebar akibat berat badan bertambah tidak menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Akan tetapi, bertambahnya berat badan tersebut ternyata juga dapat memberatkan kerja persendian dan meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Logikanya, semakin gemuk badan Anda semakin berat pula tekanan di kaki dan persendian.

So, turunkan berat badan Anda sekarang. (dan)

BACA JUGA : SODA DIET EFEKTIF TURUNKAN BERAT BADAN, BENARKAH?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes