Temuan Baru Ungkap ASI Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

Dengan menggunakan teknik Magnetic Resonance Imaging (MRI), para peneliti kembali menambahkan bukti baru tentang manfaat ASI bagi bayi.

Penelitian yang diterbitkan secara online oleh jurnal fungsi otak NeuroImage baru-baru ini telah menemukan perbandingan antara bayi yang diberi ASI dengan bayi yang mengonsumsi susu formula atau tanpa ASI.

Temuan Baru Ungkap ASI Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

Para peneliti menemukan hasil bahwa bayi yang diberikan ASI eksklusif mengalami peningkatan perkembangan organ otaknya, termasuk daerah otak yang terkait dengan fungsi perencanaan, kemampuan motorik, fungsi sosial dan emosional, serta bahasa.

Para ilmuwan mempelajari 133 bayi dan anak sehat berusia 10 bulan sampai 4 tahun yang dibagi dalam 3 kelompok, yaitu bayi yang diberikan ASI eksklusif, susu formula eksklusif, dan kombinasi (diberi ASI dan susu formula). Semua bayi dan anak tersebut mengalami kelahiran yang sehat tanpa komplikasi, dan tanpa gangguan neurologis atau riwayat penyakit keluarga.

Para peneliti menyatakan bahwa, bayi yang diberi ASI eksklusif mengalami perkembangan motorik dan ketajaman visual yang jauh lebih baik dibandingakan 2 kelompok bayi lainnya.

“Saya tidak mengatakan jika para ibu tidak mau menyusui, mereka akan mendapat bencana,” kata penulis utama, Sean CL Deoni, asisten profesor teknik biomedis di Brown University Amerika Serikat. “Kita juga tidak bisa mendeteksi hal-hal lain yang menyebabkan perbedaan itu, seperti misalnya seberapa banyak anak berinteraksi dengan orang tuanya, pengaruh lingkungan tempat ia tinggal, dan sebagainya. Masih banyak faktor yang mungkin memengaruhinya setelah dewasa,” sambung Sean.

Jadi para ibu, semakin yakin kalau ASI eksklusif adalah yang terbaik untuk bayi Anda bukan? (boy)

BACA JUGA : Tip Diet Bagi Ibu Menyusui Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes