Terlalu Banyak Berkorban justru Membahayakan Hubungan

Bukan rahasia umum jika melakukan pengorbanan kepada pasangan akan membuat orang yang berkorban merasa bangga dan berharga karena bisa memberikan yang terbaik bagi pasangan.

Terlalu-Banyak-Berkorban-justru-Membahayakan-Hubungan

Namun baru-baru ini penelitian mengungkap bahwa terlalu sering berkorban ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi suatu hubungan. Kok bisa?

Setidaknya itulah kesimpulan yang didapatkan dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationships. Dalam studi tersebut disampaikan bahwa, pengorbanan memang memiliki pengaruh yang baik bagi suatu hubungan. Akan tetapi jika yang berkorban mengalami stres yang berat pada hari itu, maka ia cenderung tidak bisa berkomitmen terhadap pasangan.

Casey Totenhagen, PhD, dari University of Arizona, AS, menyatakan,”Membuat perubahan kecil dalam rutinitas harian merupakan salah satu cara untuk menunjukkan investasi Anda dalam sebuah hubungan.”

“Namun jika pengorbanan terus dilakukan, ini justru bukan ide yang baik bagi kelangsungan hubungan,” tambah Casey seperti dikutip Prevention.

Para peneliti menyarankan, jika pada hari tertentu Anda merasa stres dan mengalami hari yang buruk, sebaiknya menunda hal-hal yang sifatnya ‘mengorbankan’ diri kepada pasangan.

“Berkorban untuk pasangan ketika Anda sendiri tidak siap melakukannya justru akan membuat Anda tambah stres,” tutup Casey. (dan)

BACA JUGA : 5 Hal yang Bikin Pria Minder saat Bercinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes