terlalu lama duduk

Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Kematian

Terlalu lama duduk memang tidak baik bagi kesehatan. Bahkan penelitian terbaru menyebut bahwa terlalu lama duduk dan meski telah berolahraga masih dapat berakibat munculnya beragam penyakit, bahkan hingga kematian.

terlalu lama duduk

“Rata-rata, lebih dari setengah hari seseorang menghabiskan waktu dengan duduk seperti saat menonton televisi, atau bekerja di depan komputer,” kata Dr David Alter ilmuwan senior dari University Health Network (UHN), dan Institute for Clinical Evaluative Sciences.

Hasil studi mengatakan bahwa risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kanker hingga kematian, tetap muncul ketika orang terlalu lama duduk meski juga telah meningkatkan intensitas olahraga. Memang, olahraga selama 20-30 menit dapat berdampak positif pada kesehatan. Namun itu tidak cukup bagi mereka yang terlalu lama duduk.

“Studi kami menemukan meskipun aktivitas fisik telah ditingkatkan, ini saja tidak cukup untuk mengurangi risiko penyakit,” tambahnya seperti dikutip dari ScienceDaily, Selasa (20/01).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui cara apa selain olahraga yang dapat mengurangi risiko penyakit akibat terlalu lama duduk. Studi ini dipublikasikan di the Annals of Internal Medicine.

Solusi untuk mencegahnya adalah dengan menghitung berapa lama seseorang duduk dan mulai mengurangi durasinya. Selain itu juga dapat dilakukan aktivitas fisik 1-3 menit di sela-sela pekerjaan setiap setengah jam. Atau melakukan gerakan tubuh selama jeda iklan ketika menonton televisi. (ctr)

BACA JUGA: Sering Bertengkar Dengan Pasangan Bisa Bikin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes