Pengaruh Bakteri Bagi Usus

Ternyata, Bakteri di Usus Bisa Pengaruhi Berat Badan Kita!

Pada penelitian sebelumnya menunjukkan berat badan mungkin dapat dipengaruhi oleh gen. Namun hasil studi mengungkapkan, jenis bakteri yang hidup dalam usus dapat mempengaruhi berat kita.

Pengaruh Bakteri Bagi Usus

Dikutip dari MedicalNewsToday.com, hasil ini datang dari dua penelitian, yakni dari Cornell University di Ithaca, New York, dan King’s College London.

Tim peneliti, termasuk Prof. Tim Spector, nfl jerseys all teams alibaba kepala Department of Twin Research Genetic Epidemiologi di King’s College London mengatakan, hasilnya mungkin memberikan alternatif bagi kita untuk mulai memperhatikan probiotik yang dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit terkait.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Cell, para peneliti mengurutkan gen dari mikroba lebih dari 1.000 sampel yang diambil dari 416 pasangan kembar yang merupakan bagian dari registri Data Twins UK. Dari pasangan kembar ini, 171 pasang yang identik dan 245 non-identik. Kembar identik berbagi 100% dari gen mereka, sementara kembar non-identik sekitar 50% dari gen mereka.

Peningkatan pada ketegangan tertentu bakteri dalam usus bisa mengurangi risiko dan mencegah obesitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kembar identik memiliki banyak kesamaan tipe tertentu dari bakteri usus, dibandingkan dengan kembar non-identik. nfl jerseys ranked custom Peneliti mengatakan ini menunjukkan bahwa gen mempengaruhi jenis bakteri yang hadir dalam usus.

Terlebih lagi, para peneliti menemukan bahwa kehadiran kelas bakteri yang disebut Christensenellaceae paling dipengaruhi oleh gen. Pada keadaan tertentu, bakteri ini (Christensenellaceae minuta) ditemukan lebih umum di antara individu-individu dengan berat badan rendah.
Pada penelitian bakteri ini pada usus tikus, tim menemukan binatang kurang bertambah beratnya daripada mereka yang tidak menerima bakteri. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan jumlah bakteri Christensenellaceae minuta dalam usus dapat membantu untuk mengurangi atau mencegah obesitas, kata para peneliti.

“Kami menemukan secara spesifik kehidupan mikroba dalam usus dapat mencegah obesitas dan banyak kesamaan yang dipengaruhi oleh gen. Microbiome manusia merupakan target baru yang menarik untuk perubahan pola makan dan perawatan yang bertujuan untuk memerangi obesitas,” komentar Prof. ugg outlet australia auckland Spector.

Penulis senior Ruth Ley, seorang profesor mikrobiologi di Universitas Cornell, mencatat bahwa studi ini adalah yang pertama untuk menentukan bahwa mikroba usus spesifik diwariskan dan variasi mikroba ini tidak semata-mata dipengaruhi oleh diet, lingkungan, gaya hidup dan kesehatan (ctr)

BACA JUGA: 4 Latihan Untuk Tingkatkan Kekuatan Inti Tubuh Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes