nyeri lutut

Ternyata, Lari Mampu Cegah Nyeri Lutut

Olahraga lari terbukti tidak hanya mengurangi rasa sakit pada sendi lutut atau osteoarthritis (OA), tapi juga mampu mencegah datangnya penyakit tersebut.

RUN

Sering melakukan olahraga lari sempat dikhawatirkan akan berdampak pada persendian. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa lari tidak meningkatkan risiko nyeri lutut.

Para peneliti menganalisa lebih dari 2.600 orang yang memberikan informasi tentang tiga jenis aktivitas fisik yang mereka lakukan pada waktu yang berbeda. Rata-rata usia relawan penelitian adalah 64 tahun. Hasilnya, 29 persen mengatakan bahwa olahraga yang paling sering mereka lakukan adalah berlari.

“Orang yang tidak memiliki lutut osteoarthritis, tidak ada alasan untuk tidak berlari setiap saat karena itu tidak berbahaya bagi sendi lutut,” kata penulis utama Dr. Grace Hsiao-Wei Lo dari Baylor College of Medicine pada rilis berita American College of Rheumatology.

Para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga lari tidak meningkatkan risiko pada lutut. Bahkan, olahraga murah tersebut mampu mencegah penyakit osteoarthritis pada lutut. (ctr)

BACA JUGA: Ibu Obesitas, Anak Berisiko Penyakit Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes