Ternyata Stres juga Menguntungkan, Lho

Stres bisa membuat kondisi fisik dan mental seseorang menjadi drop (baca: melemah) dan mengalami penurunan produktivitas.

Ternyata-Stres-juga-Menguntungkan,-Lho

Namun tidak semua stres berdampak buruk bagi kesehatan, karena ternyata ada stres yang menguntungkan. Berikut beberapa manfaat stres yang menguntungkan seperti dilansir MSN.

Tingkatkan Semangat

Hans Selye seorang ahli endokrinologi dari Hungaria menggunakan istilah ‘eustress’ untuk menyebut stres yang menguntungkan dan memberikan dampak positif. “Ini artinya tidak semua stres berdampak buruk, karena ada pula yang menyehatkan,” ungkap Selye.

“Pernikahan dan kenaikan jabatan adalah dua stres yang bisa meningkatkna semangat dan memiliki dampak menguntungkan bagi seseorang yang mengalaminya,” tambahnya.

Tingkatkan Kemampuan Otak

Stres akan memicu meningkatnya produksi hormon kortisol. Sebuah penelitian yang dilakuakn Melissa Stauble di New Mexico University menunjukkan bahwa hormon kortisol berfungsi layaknya lampu bohlam di otak sehingga otak akan mengalami peningkatan aktivitas saat stres dan lebih mudah mengingat nomor telepon.

Tingkatkan Kreativitas

Saat seseorang membutuhkan kreativitas baik dalam hal menulis ataupun mendesain sesuatu maka oran tersebut akan membutuhkan eustress (stres positif). Eustress dapat memberikan efek ‘here’ dan ‘now’ sehingga otak lebih fokus dan tidak mudah mengalihkan perhatian, sehingga lebih berani mengungkapkan ide kreatifnya. (dan)

BACA JUGA : Rajin Makan Buah Bisa Cegah Aneurisma

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes