Tetap Fit di Usia 50-an Bisa Cegah Demensia!

Menurut penelitian terbaru di AS, menjaga kebugaran fisik sampai usia pertengahan 50-an ternyata terbukti mampu mencegah Anda terkena demensia.

tetap fit di usia 50-an cegah demensia

Studi ini menemukan bahwa orang dewasa setengah baya yang dalam kondisi fit secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk terkena demensia atau penyakit Alzheimer pada saat mereka mencapai usia 65 tahunan.

Hasil penelitian baru ini semakin menambah salah satu cara yang efektif untuk menghindari demensia yang saat ini tidak dapat dicegah, diperlambat, atau disembuhkan.

Menurut perkiraan data federal, sekitar 5,3 juta orang AS tercatat mengidap penyakit Alzheimer, dan pada 2050, jumlah tersebut diperkirakan setidaknya bertambah dua kali lipat. Alzheimer adalah faktor utama keenam penyebab kematian di AS yang telah menewaskan hampir 84.000 orang setiap tahunnya.

“Penyakit Alzheimer dan jenis lain demensia ini merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting, terutama mengingat populasi yang kini semakin menua,” ujar pemimpin peneliti Dr. Laura DeFina, direktur medis di The Cooper Institute, Dallas.

“Karena efek demensia berpengaruh pada kualitas hidup dan status fungsional maka usaha untuk mengidentifikasi cara-cara mencegah demensia menjadi sangat penting,” tambahnya. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. (jay)

BACA JUGA: Kafein Picu Detak Jantung Menjadi Tidak Teratur?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes