Tingkatkan Kepuasan Hidup dengan Berolahraga

Ada kabar baik bagi Anda yang gemar olahraga! Menurut penelitian terbaru, memperlama waktu olahraga rutin Anda dengan beberapa menit ekstra ternyata bisa menambahkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi di kalangan orang dewasa muda berusia 18-25 tahun.

“Kami menemukan bahwa kepuasan masyarakat pada kehidupan secara langsung dipengaruhi oleh aktivitas fisik harian mereka,” kata penulis studi Jaclyn Maher, mahasiswa pascasarjana di kinesiologi di Penn State University.

“Temuan ini juga memperkuat gagasan bahwa aktivitas fisik adalah perilaku kesehatan dengan konsekuensi penting untuk kesejahteraan hidup harian,” tambah Maher, seperti dikutip jurnal Health Psychology.

Para peneliti memeriksa pengaruh aktivitas fisik pada kepuasan hidup di antara orang dewasa berusia 18-25 tahun, karena tingkat kesejahteraan di populasi ini tampaknya kian memburuk lebih cepat.

“Beranjak dewasa akan melalui banyak perubahan, ketika meninggalkan rumah untuk pertama kalinya, masuk kuliah atau memulai bekerja. Akibatnya, kepuasan hidup mereka bisa menurun,” kata Maher.

Para peneliti kemudian merekrut dua kelompok mahasiswa di universitas tersebut. Kelompok pertama, yang terdiri dari 190 orang, diperintahkan untuk menulis uneg-uneg di buku diary setiap hari selama delapan hari.

Kelompok kedua, 63 orang, diperintahkan untuk menulis di situs pribadi setiap hari selama 14 hari. Kedua kelompok itu juga menjawab pertanyaan yang ditujukan untuk menentukan kepuasan peserta pada hidup, aktivitas fisik dan harga diri.

“Perubahan pada tingkat depresi, kecemasan dan stres bisa mempengaruhi kepuasan hidup seseorang pada titik waktu tertentu,” kata David Conroy, profesor kinesiologi.

Secara khusus, tim peneliti juga menemukan bahwa dengan menambahkan waktu berolahraga hanya sedikit dari biasanya ternyata secara signifikan bisa meningkatkan kepuasan hidup.

“Berdasarkan temuan ini, kami menyarankan agar orang-orang berolahraga sedikit lebih lama atau sedikit lebih keras dari biasanya sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan hidup,” kata Conroy. (jay)

BACA JUGA : 3 Langkah Bugar setelah Begadang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes