Tonton Film Horor tingkatkan Aktivitas Otak

Suka menonton film horor? Sebaiknya Anda tetap pertahankan hobi yang satu ini. Berdasarkan sebuah penelitian, aktivitas otak akan mencapai puncaknya saat Anda sedang menonton film horor.

Studi yang dilakukan tim peneliti dari The City College of New York and Columbia University ini mengungkap bahwa adegan tegang yang disajikan dalam film horor memicu aktivitas puncak di otak. Diketahui minimal terdapat dua dari tiga komponen yang dianggap paling berpengaruh yaitu isyarat visual yang kuat, musik, dan perubahan adegan yang bermakna.

Studi ini dilakukan dengan melibatkan 20 partisipan dan menggunakan alat EEG (Electroencephalography) untuk mengukur aktivitas listrik di otak melalui kulit kepala.

Peneliti menemukan bahwa korelasi saraf akan meningkat atau tertinggi ketika ada adegan menegangkan seperti seseorang bertemu hantu atau pembunuh. Tapi jika seseorang menonton adegan yang sama untuk kedua kali, maka aktivitasnya akan menurun.

Selain itu, maka otak akan memproduksi energi tambahan yang diarahkan pada aktivitas neurotransmitter yakni glutamat, dopamine, dan serotonin. Peningkatan aktivitas inilah yang membuat tubuh selalu dalam kondisi waspada. Nah, kenapa musti takut nonton film horor? (dan)

BACA JUGA : Mengapa Gigi Putih Pertanda Kesehatan yang Baik?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes