Training Log, Cara Cermat Optimalkan Hasil Latihan

Beberapa orang sangat rajin mencatat latihan mereka dalam sebuah buku catatan latihan atau training log, dan banyak pula yang tidak mencatat proses latihannya hingga tujuannya tercapai.

Training-Log-Cara-Cermat-Optimalkan-Hasil-Latihan

Sebagian menganggap training log adalah hal yang penting, sedangkan sebagiannya tidak. Bagaimana dengan Anda? Sebelum memutuskannya, sebaiknya Anda lihat dulu manfaat training log bagi latihan Anda berikut ini.

Manfaat Training Log

Training log akan merekam semua proses dalam pencapaian tujuan Anda, mulai dari jenis latihan, intensitas latihan Anda, berapa berat beban yang Anda angkat, dan informasi penting lain dalam program latihan Anda. Informasi dari training log ini sangat penting jika sewaktu-waktu Anda perlu mereview riwayat latihan Anda dan memperbaikinya.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Ya, training log ini hampir serupa dengan buku diary Anda. Dapat digunakan untuk melihat hal apa saja yang sudah Anda lewati, seberapa besar kemajuan Anda, hasil apa saja yang sudah Anda capai, dan hal penting lainnya. Ibarat sebuah mesin waktu yang menyegarkan kembali ingatan Anda.

Buku catatan ini bisa menjadi sumber motivasi saat Anda menemukan masalah saat melakukan program latihan. Catatan solusi terdahulu dapat membantu Anda mengatasi tantangan sekaligus membuat Anda lebih percaya diri melakukan latihan untuk mencapai tujuan dengan optimal.

Motivasi
Training log ini juga dapat menjaga momentum latihan Anda dan memastikan Anda tetap mendapatkan motivasi. Pencapaian latihan yang Anda targetkan maupun pencapaian terdahulu Anda sangat mungkin untuk Anda capai, yang Anda butuhkan hanyalah motivasi dan niat yang kuat.

Tetap Fokus dan Jangan Keluar Jalur
Jadikan catatan latihan sebagai penunjuk jalan Anda. Hal ini berguna untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan kehilangan fokus dan keluar jalur dari tujuan latihan yang ditetapkan. Tanpa rencana latihan yang jelas, Anda tidak mungkin bisa keluar dari masalah.

Jebakan dan Kesalahan Latihan
Ada beberapa orang yang melakukan latihan dengan sepenuhnya mengikuti buku panduan ataupun teori latihan lainnya. Yang Anda harus lakukan adalah melakukan latihan, bukan merencanakan menjalankan teori teknik latihan. Gunakan training log Anda sebagai panduan untuk menyempurnakan latihan Anda.

Nah, apakah Anda memiliki training log? Jika belum, mulailah susun training log Anda sekarang juga! (dan)

BACA JUGA : Jangan Merusak Siklus Perut Kalau Tidak Ingin Gemuk

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes