Transplantasi Paru Berhasil Berkat Vitamin D

HealthDay News pada Jumat, 27 April 2012, mempublikasikan hasil penelitian terbaru yang menyatakan bahwa vitamin D ternyata penting untuk kesehatan pasien transplantasi paru.

Para peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin D berkaitan dengan peningkatkan risiko infeksi, penolakan organ, hingga kematian setelah proses transplantasi.

“Pasien yang menjalani transplantasi paru berisiko mengalami penolakan terhadap organ tersebut, dan dua per tiga dari pasien yang mengalami ini ternyata dalam kondisi kekurangan vitamin D,” kata Dr. Erin Lowery, ketua tim penelitian dan asisten profesor Department of Pulmonary and Critical Care Medicine di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine.

Tingkat penolakan organ dan infeksi pada pasien yang kekurangan vitamin D mencapai 2x lipat lebih tinggi dibanding yang level vitamin D dalam tubuhnya cukup. Bahkan, angka kematian pasien yang kekurangan vitamin D mencapai 5x lipat lebih tinggi.

Angka kematian pasien yang kekurangan vitamin D mencapai 5x lipat lebih tinggi!

Berdasarkan hasil penelitian yang juga dipublikasikan dalam Journal of Heart and Lung Transplantation ini, para ahli menyarankan suplementasi vitamin D untuk membantu imunitas tubuh pasien tranplantasi dalam menerima organ baru.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes