Triyatno Raih Perak Olimpiade untuk Indonesia

Indonesia kembali meraih medali di Olimpiade London 2012. Kali ini, medali perak digondol cabang olahraga angkat besi. Medali perak ini dimenangkan lifter Triyatno pada kelas 69kg. Ini merupakan medali kedua Indonesia setelah sehari sebelumnya Eko Yuli Irawan mempersembahkan medali perunggu.

Seperti dikutip Antaranews.com, pada kelas ini pertandingan digelar di ExCel, London, pada Selasa malam (Rabu dinihari WIB). Triyatno sukses mengangkat total barbel seberat 333 kg atau 1 kg lebih berat dibandingkan total angkatan lifter Romania, Martin Razvan Constantin, yang total angkatannya seberat 332 kg. Constantin sendiri diganjar perunggu di nomor ini.

Pada nomor ini, lifter China Lin Qingfeng mempersembahkan emas untuk negerinya setelah sukses mengangkat total angkatan 14 kali lebih berat dibandingkan Triyatno, dengan 344 kg.

Qingfeng hanya unggul pada angkatan snatch dari Triyatno, sedangkan dari angkatan clean and jerk Triyatno justru mengungguli Qingfeng.

Pada angkatan snatch Qingfeng mengangkat beban seberat 157 kg, 12 kg lebih berat dibandingkan Triyatno. Namun pada clean and jerk, Triyatno mengangkat beban 1 kg lebih berat dari Qingfeng. Triyatno 188 kg, Qingfeng 187 kg.

Empat tahun lalu pada Olimpiade Beijing, Triyatno juga mempersembahkan medali untuk Indonesia, namun kali ini sumbangan medalinya untuk Indonesia lebih baik karena meraih perak, berbeda dari empat tahun lalu yang menyumbangkan perunggu. (jay)

BACA JUGA : Eko Yuli Raih Medali Pertama untuk Indonesia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes